SLCN BMKG 2021
SEKOLAH LAPANG CUACA BMKG 2021

Kamis, 27 Mei 2021 | 12:02:46 WIB - Oleh Administrator


UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN DAN SDM NELAYAN PATI, BMKG MARITIM STASIUN TANJUNG MAS SEMARANG MENYELENGGARAKAN SEKOLAH LAPANG CUACA NELAYAN(SLCN)

BMKG 2021

 

Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Menyelenggarakan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan(SLCN) BMKG 2021 Propinsi Jateng pada tanggal 24-25 Mei 2021 di pendopo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati.

Sekolah lapang cuaca nelayan (SLCN) dibuka oleh Camat Juwana Sugiyono yang dihadiri Muspika Kecamatan juwana, PPP Pajomulyo, Penyuluh Perikanan, dan DKP Kab Pati.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati Edy Martanto dalam sambutannya menekankan bahwa SLCN sangat penting dan bermanfaat bagi nelayan dikabupaten Pati. Kesempatan yang baik ini mohon untuk dilaksanakan dengan sebaik baiknya. Kedepan SLCN ini bisa dilaksanakan di wilayah lain di kabupaten Pati.

Kepala stasiun meteorologi kelas II maritim Tanjung Emas Retno Widyaningsih mengatakan  Penyelenggaraan SLCN di Kabupaten Pati karena potensi nelayan di Pati sangat besar, sehingga dengan adanya pelatihan ini diharapkan nelayan di kabupaten Pati bisa meningkatkan produksi ikan, karena bisa memprediksi cuaca dari informasi BMKG.

SLCN juga memperkenalkan Aplikasi BMKG berbasis android agar nelayan bisa mengakses dengan mudah.

Peserta SLCN nelayan Kabupaten Pati sejumlah  100 Nelayan.

Tujuan SLCN meningkatkan ketrampilan para peserta(nelayan) dalam mengakses membaca menindaklanjuti dan mendiseminasikan informasi cuaca dan iklim maritim serta informasi perkiraan lokasi ikan (PPDPI) dari sumber yang terpercaya yang memiliki kewenangan mengeluarkan informasi tersebut kepada komunitas yang mata pencaharian berhubungan langsung dengan dunia maritim.

Sasaran SLCN membantu nelayan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang informasi cuaca maritim dan kemanfaatanya, serta informasi cuaca maritim sebagai strategi dan proses pengambilan keputusan berlayar.

Produk informasi cuaca maritime di https://maritim.bmkg.go.id/ yang dapat dimanfaatkan nelayan antara lain :

  1. Pemetaan iklim cuaca arus dan angin
  2. Terkiraan cuaca harian,mingguan, bulanan
  3. Arah dan kecepatan angin
  4. Tinggi gelombang,
  5. Arus air laut baik arus permukaan  maupun arus bawah
  6. Peringatan dini.